Pages

Minggu, 05 Agustus 2012

Konfigurasi Mikrotik Menggunakan Winbox

Buka aplikasi winbox, tampilan awalnya seperti gambar di bawah:




Pada kolom “login” diisi dengan “admin” dan  pada kolom “ password”  di kosongkan saja, ini merupakan default  login dan passwordnya. Kemudian buat pada kolom “note” dengan nama “mikrotik”. Klik pada tanda panah diatas untuk mencari IP atau MAC address yang kita pakai untuk login pada saat konfigurasi.

Berikut merupakan tampilan menu pada WinBox.


Berikut merupakan tampilan interface yang terdapat pada WinBox yang telah tersetting sebelumnya.


Kemudian kita mensetting IP pada eth 1. Berikut merupakan tampilan gambar nya.


Ubah nama pada baris name dari eth 1 menjadi eth1-internet. Eth 1 merupakan interface yang akan terhubung ke internet melalui router sehingga pada eth 1 IP yang digunakan adalah IP Public. Eth 1 merupakan IP DHCP yang didapat dari ISP provider.

Pada tahap ini kita akan membuat IP pada eth 1 dengan cara klik pada menu IP, lalu pilih DHCP Client seperti pada gambar berikut.



Lalu, klik tanda "+" pada menu DHCP Client untuk membuat IP DHCP nya. berikut tampilannya:


Pada interface pilih ether1-internet. Kemudian klik Apply sehingga akan tampil sebagai berikut,


Pada tahap ini, kita akan mensetting eth 2 sebagai interface untuk LAN kelompok 4. Berikut merupakan tampilannya


Setelah selesai mensetting interface yang akan digunakan, maka tugas berikutnya yaitu mensetting IP address dari interface yang akan digunakan. Dalam hal ini yaitu kita akan memberi IP pada eth 2.


Berikut merupakan tampilan untuk mensetting IP Address eth 2

a

b

Pada gambar b menunjukkan bahwa kita memasukkan IP address untuk eth 2 sebagai LAN dari kelompok 4. Berikut merupakan setting-an IP address dari eth 2.
a.       Address    : 192.168.40.1/24
b.      Network    : 192.168.40.0
c.       Broadcast  : 192.168.40.255
d.      Interface     : eth 2 LAN Kelompok 4

Kemudian masukkan IP address komputer
IP              = 192.168.40.2
Network   = 255.255.255.0
Gateway   = 192.168.40.1


Selanjutnya kita akan mensetting NAT(Network Address Translation) yang merupakan suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam adminitrasi jaringan. untuk masuk ke setting NAT, terlebih dahulu kita memilih menu IP dan kemudian pilih firewall.



Untuk membuat konfigurasinya klik tambah(+) seperti pada tanda panah yang ditampilkan pada gambar berikut.


Pada tab General  Pada kolom Chain pilih srcnat, srcnat merupakan perubahan pada bagian source dari suatu paket  dan pada Out Interface pilih eth1, dan pada tab Action pilih pada kolom Action dengan masquerade, kemudian klik Apply dan Ok.



Pada Tab Action, kita memilih masquerade. masquerade berfungsi untuk merubah paket-paket data IP Address asal dan port dari network, dan selanjutnya diteruskan ke jaringan internet global.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar